Tutorial MySQL : Memulai dan Konfigurasi MySQL

MySQL sebagai salah satu Database Management System seringkali menjadi lirikan para developer untuk mengolah databasenya. Pada tutorial ini akan dipelajari beberapa tutorial tentang penggunaan MySQL sebagai pengolah database.

Sebelum lompat ke tutorial pastikan telebih dahulu di komputer anda sudah terinstall software MySQL. Jika belum silahlan download di situs resmi MySQL di https://dev.mysql.com/downloads/mysql/.

Tutorial MySQL : Memulai dan Konfigurasi MySQL - view siturs Mysql.com

Selain opsi download anda juga bisa menggunakan MySQL yang sudah terpaket dengan software paketan seperti XAMPP, WAMPP dan sebagainya. Pada software ini sudah terbundle software software web development seperti Apache, MySQL,PHP.

Saya sarankan jika anda ingin benar -benar berkecimpung pada setiap tahapan instalasi dan penyuka keribetan ataupun hanya belajar MySQL saja (stand-alone) tanpa mempedulikan yang lain seperti PHP dan sebagainya silahkan install MySQL tadi.

Tetapi jika anda menargetkan untuk mempelajari web programming secara keseluruhan saya sarankan anda menginstall XAMPP atau software paket bundle lainnya. Karena pada ujung-ujungnya akan kesana juga..

Menjalankan MySQL

Setelah mempunyai MySQL silahkan masuk ke command prompt, atau jika anda dengan XAMPP silahkan ke XAMPP Control dan pilih shell. Kemudian ketikkan perintah

mysql -u root

Atau jika gagal silahkan masuk lewat command prompt ke folder instalasi MySQL folder bin dan silahkan ketikkan

./mysql.exe -u root

Perlu diketahui difolder MySQL akan ditemui beberapa file seperti

  • my.ini merupakan file konfigurasi dari MySQL
  • mysqld.exe merupakan file untuk menjalankan MySQL Server
  • mysql.exe merupakan file untuk menjalankan MySQL Client

Jika berhasil masuk seharusnya anda mendapati pesan sukses dan informasi mengenai MySQL yang berjalan.

Tutorial MySQL : Memulai dan Konfigurasi MySQL - view command prompt
*mysql dengan XAMPP

Tak usah pusingkan tentang baris-baris tulisan yang muncul, untuk lebih meyakinkan bahwa MySQL berjalan silahkan cek list databases dengan perintah.

show databases;

Pada MySQL anda akan menampilkan beberapa databases, sekali lagi tak usah pusingkan database apa saja itu. Penting Jalan dulu.

Tutorial MySQL : Memulai dan Konfigurasi MySQL - view show databases
*daftar databases pada komputer saya

File Konfigurasi my.ini

Jika anda ingin sedikit bereksperimen dengan konfigurasi bawaan dari mysql, anda bisa memodifikasi settingan bawaan dari mysql, seperti port, socket, buffer, basedir dan sebagainya.

Tentu dalam memodifikasi dibutuhkan pemahaman lebih untuk mengubah ini karena akan menimbulkan error jika terjadi kesalahan konfigutasi.

Tutorial MySQL : Memulai dan Konfigurasi MySQL - view file config.ini
Penampakan File my.ini

Jika belum benar memahami tentang file my.ini disarankan untuk tidak mengganggu gugat file konfigurasi bawaan atau bisa juga dengan melakukan backup pada file ini.

Demikian tutorial pembuka pada series Tutorial MySQL bagian Memulai dan Konfigurasi MySQL.

Terima Kasih..

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com