Tutorial HTML : Pengenalan HTML

HTML (HyperText Markup Language) digunakan untuk membangun halaman website. HTML ini akan di perunutkkan sebagai struktur website.
Nah,  untuk bahasa ini merupakan hal yang paling dasar bagi kita untuk menjadi seorang web developer.

Apa Itu HTML ?

HTML merupakan bahasa markup untuk membuat sebuah halaman website. HTML ini akan disusun terstruktur, sesuai keinginan kita sebagai developer. Struktur ini tersusun atas tag yang saling berrpasangan dan kemudian akan di eksekusi browser. Nah, hasil ini yang akan menjadi sebuah halaman

Struktur Dasar HTML

Sebagai dasar ada tiga struktur yang akan selalu kita pakai dalam pembuatan halaman website, yakni html, head, dan body.

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
                 
    </head>
    <body>

    </body>

</html>

Kita perhatikan, pertama kita temui tag head (<head></head>) yang menjadi pembukan sekaligus penutup halaman web. Kemudian tag head (<head></head>) yang akan digunakan untuk mendeskripsikan judul, ikon dan sebagainya. Nah, terakhir tag body (<body></body>) area ini  yang menjadi area utama, jika anda perhatikan, bagian ini lah yang menjadi tampilan langsung untuk tampilan website nantinya. Di dalamnya ada tulisan, gambar, slideshow dan masih banyak lagi.

Membuat Halaman Web Pertama

Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan untuk membuat web pertama kita, pastikan kita punya web browser dan text editor.

Untuk web browser kita bisa pakai chrome, firefox, Internet Expoloer dan sebagainya. Untuk text editor, ada banyak varian, seperti Notepad++, Sublime, Bracket, dan lainnya. Tapi sebagai awal, silahkan kita pakai Text Editor Notepad, sebagai bawaan Windows.

Pertama, silahkan buka notepad anda,  dan ketikkan kode berikut. INGAT KETIK, BUKAN COPY.

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>Web Pertama Saya</title>
    </head>
    <body>
        <h1>Halaman Website Pertama Saya</h1>
        <p>Horeee.... saya berhasil membuat website pertama saya</p>
 </body>
</html>

Tidak usah pikirkan maksud dari kode diatas nanti akan kita bahas satu persatu.

Selanjutnya silahkan simpan (CTRL +S) dan simpan di mana saja yang penting anda ingat dengan nama file pertama.html

Kemudian buka browser dan di address bar ketikkan lokasi file HTML kita.

HTML 1

Kesimpulan

Anda belum faham dengan kode diatas tidak jadi masalah, yang penting kita sudah sama sama melihat bagaimana para developer membuat website. Semua dibentuk dari dasar dulu kemudian dikembangkan dan terus dikembangkan hingga menjadi sebuah web yang bermanfaat.

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com