Tutorial HTML: Komentar Pada HTML

Seperti halnya bahasa lainnya, pada HTML juga memiliki komentar tersendiri dalam penulisannya. Umumnya, komentar dibuat untuk mengantisipasi apabila kita ingin mengoprek kodingan kita lagi nanti. Nah, hal ini yang sering dilupakan seorang programmer (kebanyakan). Perlu diketahui, pembuatan komentar pada koding saangat disarankan sekali, apalagi nanti bekerja diperusahaan yang notabenenya adalah sebuah tim.

Bagaimana Membuat Komentar?

Sama seperti kode html lainnya, komentar juga dibubuhi tag pembuka dan penutup. Untuk pembukan ditandai dengan “<!–” dan penutup dengan “–>”.  Lebih mudahnya mari cek contoh berikut.

Silahkan tulis kode berikut pada teks editor masing masing dan jalankan di brower.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <title>Document</title>
</head>
<body>
    <h1>Belajar Komentar HTML</h1>
    <!-- <p> Ini merupakan komentar </p> -->
    <p>Dan ini bukan komentar</p>
</body>
</html>

Pada kode diatas, kita lihat pembukaan komentar dimulai dari <!– kemudian diikuti paragraph dan teks yang mejadi isi komentar. Dan yang mencari catatan pula, setiap apapun yang dikomentar tidak akan ditampilkan kepada user di halaman website. (silahkan cek hasilnya)

Perlu diketahui komentar juga bisa berisi beberapa baris kode / teks tentunya selama masih ada dalam tag komentar dan belum menemukan tag penutup komentarnya.

Sebagai contoh perhatikan kode berikut.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <title>Document</title>
</head>
<body>
    <h1>Belajar Komentar HTML</h1>
    <!-- 
        <p>Ini merupakan komentar </p>
        <p>Ini komentar <strong>lainnya </strong></p>
        <i>Setiap elemen yang berada di dalam tag komentar tidak akan ditampilkan</i>
     -->
    <p>Dan ini bukan komentar dan akan tampil di browser</p>
</body>
</html>

Dan lihat hasilnya pada browser kalian.

Selain sebagai catatan untuk programmer, komentar juga biasanya dipergunakan untuk menghilangkan sementara kode HTML yang saat itu tidak ingin kita tampilkan dan tidan ingin menghapus kodenya, tentu dengan alasan tertentu.

Kesimpulan

Pembuatan komentar sangat berguna dan diharuskan untuk setiap pembuat kode. Hal ini untuk menunjang pengembangan kode baik oleh programmer yang sama atau oleh programmer lain dalam tim. Dan komentar ini juga tidak akan ditampilkan pada browser, tapi ingat tetap akan terlihat pada source code saat inspeksi elemen.

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com