Front end dan backend

Pernah gak kepikir waktu nongkrong di internet, ada banyak situs bermunculan, tentunya dengan tampilan yang memanjakan mata, atau kinerja sistem yang berhasil membuat anda bertanya tanya. Kok Bisa ?? Yah, tentu ada yang membuat mereka. Mereka lah Developer, tepatnya front end dan back end develoeper. Membingungkan ? Oke, mari kita lanjut…

Front End Developer

Sebenarnya dari namanya sendiri kita sudah tau apa maknanya, yah “paling depan”. Yah sesuai maknanya, Front end adalah orang yang mengurusi seluruh bagian depan dari sebuah website. Mudah nya bagian yang sekarang ini lagi anda lihat. Seluruh bagian visual yang ada di depan anda itu adalah kerjaan si front end developer. Lantas apa yang ia kerjakan ?? Yok kita bahas lebih dalam..

Front end images 1

Apa yang ia kerjakan ? Yah, seorang front end developer haruslah memahami tiga bahasa utama di bagian front end ini, yakni HTML, CSS dan JavaScript. Ketiga bahasa ini akan dipadupadankan mejadi satu, maka jadilah apa yang anda liha dalam sebuah website.

Baca juga : Revolusi Industri 4.0, Udah Pada Tau Gak ?

HyperText Markup Language (HTML)

Bahasa HTML adalah bahasa utama dalam membangun website. Bahasa ini yang menjadi agen bagaimana sebuah text, gambar, video atau lainnya ditampilkan ke depan anda. Nah, bagaimana cara menggunakannya akan saya bahas dilain waktu tentunya. Oh iya, sebagai tambahan HTML5 adalah versis terakhir dari HTML.

Cascading Style Sheet (CSS)

Selanjutnya yang kita bahas adalah karib nya html, yaitu CSS. Yah, CSS adalah bahasa yang mengontrol tampilan HTML tadi. Misalnya, untuk pengaturan warna, jenis huruf, background, lebar atau hal hal lain yang menjadi tugas si CSS ini. Opps, untuk penggunaannya sabar dulu, satu per satu akan kita bahas, tapi dilain waktu. Untuk versi terakhirnya ada versi CSS3.

JavaScript (JS)

Sebenarnya dengan kedua bahasa diatas sebuah website sudah bisa anda buat. Tapi kepikir gak ketika pada facebook anda kilik nama teman anda di pojok kanan dan muncul kotak dialog pesan ? Yah, dengan bahasa ini hal itu bisa anda buat. Karena memang bahasa ini umumnya dipergunakan untuk membuat halaman website lebih menarik, interaktif dan memanjakan pengunjung tentunya.

Nah, ketiga bahasa ini yang menjadi pegangan seorang front end developer dalam membangun website. Jadi, bagi yang tertarik silahkan anda pelajari perlahan lahan.

Back End Developer

Beralih dari sisi depan, sekarang kita ke sisi belakang, yah back end developer adalah orang yang bekerja di balik layar pembuatan website. Mudah nya, ia adalah orang yang menciptakan mesin dari website tersebut. Mereka akan bekerja pada sisi server jadi jangan harap anda bisa melihatnya secara langsung. Untuk menjadi back end developer setidaknya anda harus tau dan faham hal hal berikut.

Bahasa Pemrograman (PHP, ROR, Phyton atau lainnya)

Opps, anda jangan salah faham, bahasa diatas adalah beberapa jenis bahasa yang biasanya di gunakan untuk teknologi backend, tapi anda tidak perlu memahami semuanya, cukup satu saja. Setahu saya, PHP merupakan teknologi back end web yang paling sering di pakai oleh para developer. Tapi itu hanya opsi, anda bebas memilih mana saja yang anda lebih tertarik. 

Database (SQL, MySQL, PostgreSQL atau lainnya)

Seperti yang anda lihat database juga ada banyak, tapi cukup satu saja, silahkan dipilih. Nah, Database atau basis data dalam Indonesia adalah kumpulan data yang tersusun sitemasis sehingga bisa di kelola kembali. Data pada database ada dalam table dan disusun atas kolom dan baris dan biasanya terdapat index untuk mempermudah dalam pengelolaannya. Intinya data disimpan dalam database untuk di kelola kembail. Opps, jika anda  masih pusing, jangan khawatir akan saya bahas lain waktu..

Web Server (Apache, Lighttpd atau lainnya)

Lanjut, sekarang web server. Apa itu web server ? Web server adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memberikan layanan konten ke penguna lewat protokol HTTP (atau HTTPS). Biasanya dokumen yang di berikan adalah dokumen HTML yang kemudian di proses di web browser anda. 

Lebih jelas, ketika anda ketik facebook.com di bar address anda, maka browser anda akan mengirimkan request ke web server dari facebook, dan web server juga akan memberikan respon berupa dokumen html dari facebook itu sendiri. 

Sebagai tambahan web server dikenal juga sebagai internet server. 

Security

Tidak lengkap rasanya jika sebuah website tanpa pengamanan. Hal lainnya yang perlu anda kuasai adalah security web yang anda buat. Untuk pengimplementasiannya tidak akan saya buat karena saya sendiri jgua belum terlalu faham. Maaf, kita bahas lain waktu saja. 

Beralih dari back end dan front end developer, sebenarnay ada satu lagi yaitu Full Stack Developer. Ia adalah penggabungan dari kedua pembahasan tadi. Artinya anda dapat 2 dalam satu paket.

Sekian tetang pembahasan kali ini, tetapi perlu anda ketahui bisa saja terjadi perubahan tentang front end dan back end dan saya anjurkan setidaknya anda mengetahui perkembangan tentang keduanya agar anda tidak terjadi kekeliruan natinya. 

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com