Kenapa Belajar Koding ?

Kehadiran komputer dan internet di era saat ini sangat mempenagruhi pola hidup manusia. Pertumbuhan digital yang sangat pesat mewajibkan setiap orang mau tidak mau harus mampu melawan arus hebatnya teknologi.

Apalagi semenjak memasuki era Revolusi Industri 4.0, yang membuat kita semakin sesak saja dengan era teknologi digital saat ini.

Baca juga : Revolusi Industri 4.0, Udah Pada Tau Gak ?

Salah satu aspek yang paling cepat berkembang saat ini adalah pasar programming/coding. Hal ini tercatat setidaknya Indonesia membutuhkan setidaknya 600 talenta programming setiap tahunnya. Wow, jumlah yang sangat besar tentunya.

Hal ini sangat disadari oleh pemerintah kita, bahkan pernah diusulkan untuk memasukkan kurikulum koding kedalam kurikulum Sekolah Dasar (SD). Koding dimasukkan selayaknya mata pelajaran matematika. Yang artinya koding jadi pelajaran wajib. Wow, sepenting itukah ?

Seberapa Jauh Koding Menembus Kehidupan ?

Sebelum kita bicara seberapa penting koding mari kita pikirkan terlebih dahulu seberapa jauh koding menembus kehidupan kuta.

Hal pertama yang terlintas di otak anda mungkin datangnya mesin pencari Google, Bing, Yahoo atau lainnya. Ya, kehadiran google memang sangat membantu kehidupan kita. Banyak hal bisa kita temukan di google. Mulai dari tugas sekolah, resep makanan, tutorial, games, nama jalan dan sebagainya.

Belum lagi masalah sosial media, kehadiran facebook, instagram, twitter, whatsapp sangat jelas mengubah pola hidup manusia. Dulu kasih kabar ke kerabat masih pake surat-suratan. Sekarang, kita cukup ketik kabar di whatsapp udah langsung terkirim ke kerabat.

Apalagi urusan belanja, hal yang satu ini memang sudah jadi hobi yang melekat bagi warga Indonesia. Bahkan tercatat, salah satu Unicorn Indonesia yakni BukaLapak telah berhasil mencapai 2 juta vistor perhari. Hebat, bukan ?

Nah, dari beberapa contoh diatas kita bisa berkaca siapasih dibalik semua hal itu? Disinilah mulai dikaitkan dengan para programming atau penggiat koding. Mereka memang mirip penyihir, hanya dengan baris kode mereka mampu menyulap dunia begitu hebatnya.

Kan Saya Bukan Orang IT, Saya Tidak Tahu Menahu Tentang Koding ?

Sebenarnya alasannya mudah saja, karena perubahan zaman yang signifikan.

CEO sekaligus Founder Facebook, Mark Zuckenberg pernah berkata bahwa anda dapat menciptakan apapun yang anda impikan, hanya dengan duduk dan bekerja di hadapan komputer anda dan melakukan pemrograman.

Atau Steve Jobs, sang Bos Apple juga mengatakan, setiap orang harus belajar pemrograman/koding, karena itu bisa mengajari bagaimana caranya berfikir.

Dua orang hebat ini setidaknya memberi kita gambaraan sepintas tentang pentingnya programming/koding untuk masa depan.

Tapi, Apa Sih Pemrograman atau Koding Itu ?

Dalam bahasa yang sederhana, pemrograman merupakan suatu proses dimana anda menulis instruksi untuk nantinya dijalankan oleh komputer. Setiap instruksi ini ditulis dalam baris-baris kode dengan aturan penulisan sintaks masing masing. Nantinya, baris-baris kode ini akan dieksekusi oleh komputer dan menampilkan hasil sesuai instruksi yang diberikan kepadanya.

Banyak orang yang berfikir, pemrograman adalah tempatnya algoritma dan sintaks-sintaks yang mampu membuat kepala pusing sedemikian rupa apalagi oleh pemula. Eitss, perlu digaris bawahi pemrograman diciptakan untuk menyelesaikan masalah. Dan hal ini bisa dilakukan sekaligus dipelajari oleh siapa saja, Memang diakui, untuk awal akan sangat sulit, tapi dengan latihan yang rutin dipastikan itu bukanlah hal yang sulit. Ingat “PRACTICE MAKES PERFECT“.

Berikan Alasan Kenapa Saya Harus Belajar ?

Jika anda bertanya seputar alasan, sebenarnya sudah ada banyak sekali alasan yang dipaparkan sebelumnya. Tapi, bisa dirangkum berikut beberapa alasan dasar yang bisa anda pegang.

  1. Zaman sudah berubah, bisa dipastikan bahasa pemrograman akan menjadi bahasa masa depan.
  2. Melatih kreatifitas, daya pikir, ketelitian, sampai ke pemecahan masalah
  3. Berkarya dengan keleluasaan kreatifitas dan ide-ide bahkan untuk dunia.
  4. Pekerjaan menjanjikan. Selain itu anda bisa bekerja sebagai freelancer atau bekerja dirumah saja. Dan yang paling menarik, anda dicari-cari oleh pekerjaan.

Nah, itu dia sedikit pemaparan kenapa sih koding itu adalah aspek penting dalam kehidupan, dan kenapa saya harus belajar koding / pemrograman.

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com