Era javascript di dunia programming naik begitu cepat, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai produk yang menjadikan javascript sebagai tiang utama webnya.

Perkembangan ini juga diikuti dengan adanya bermunculan framework atau library javascript yang beragam, mulai dari Vue, Angular, JQuery atau yang akan kita bahas VanillaJS.

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar istilah VanillaJS, apalagi akhir-akhir ini Vanilla JS menjadi perbincangan karena berani mengklaim bahwa Vanilla JS adalah yang tercepat, yang teringan, bisa cross-platform saat kita mengembangkan aplikasi. Wow… sangat jarang bisa didapatkan sesuatu hal yang ringan sekaligus cepat pada framework atau library.

Selain itu mereka juga mengklaim bahwa Vanilla JS dipakai oleh perusahaan besar didunia, seperti Google, Facebook, Twitter, Youtube, Yahoo, Amazon dan sebagainya.

Klaim ini lah yang membuat ‘heboh’ dunia Javascript. Tapi apa sih Vanilla JS?

Hentikan pertanyaan, langsung saja Vanilla JS bisa didapatkan disitus resminya http://vanilla-js.com/. Saat pertama kali mengunjungi situsnya Vanilla JS kita akan disuguhkan dengan perbandingan sederhana antara Vanilla JS dengan beberapa library javascript yang bertebaran di internet.

Vanilla JS Speed

Jika kita baca perbandingan diatas, perbandingan dilakukan dengan uji coba pengambilan DOM berdasarkan ID elemen. Dan memang Vanilla JS berada pada posisi teratas. Tapi… ada yang aneh..

Coba perhatikan setiap baris kode setiap library mulai dari Vanilla JS hingga Moo Tools. Ketemu keanehan? Yaa… benar, Vanilla JS menggunakan kode pure javascript alias javascript murni, sedangkan varian lain menggunakan implementasi masing-masing. *pantas aja cepat dan ringan pake pure javascript :v

Tak berhenti disitu, silahkan download Vanilla JS pada bagian download dan centang secara keseluruhan untuk mendapatkan seluruh layanan Vanilla JS.

Vanilla JS Download

Silahkan didownload file vanilla.js dan buka pada teks editor masing-masing. Yaps.. anda tidak salah, file vanilla js itu kosong, tidak ada kode sedikitpun. Hah? Truss maksudnya apa?

Vanilla JS Code

Kita lanjut investigasi tentang Vanilla JS, sekarang masih di websitenya langsung, pada Further Reading dan silahkan cek url dari documentation atau dokumentasi resmi Vanilla JS.

Vanilla JS Documentation

Yaa, kita akan dialihkan ke halaman dokumentasi javascript. Lah kok?

Oke disinilah judul diatas akan kita bahas, sebenarnya Vanilla JS merupakan sebuah lelucon sekaligus sindiran kepada para developer yang selalu mengandalkan framework atau library javascript sementara sebenarnya pekerjaan itu bisa diselesaikan dengan kode pure javascript.

Jadi bisa kita tarik kesimpulan, Vanilla JS itu sebenarnya Javascript?

Ya, sama saja tidak ada beda, sesuai lelucon dan singgungannya yang menuntut para developer (dan saya juga kenak) untuk lebih mendalami kode pure javascript. Hal ini juga untuk seluruh bahasa pemrograman tentunya, seperti PHP, Ruby, Python dan sebagainya.

Semoga bermanfaat. Terima Kasihh.

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com