Nyatanya Subneting Ipv4 itu mudah. Mungkin kalimat itu akan sangat mudah anda katakan jika tahu cara cepat subneting ipv4. Selama ini mungkin subneting ipv4 anda rasa sulit,
kenapa? yok baca tutorial nya berikut ini…

Apa itu Subneting

Sebelum kita memabhas tentnag teknik subneting tentu anda juga perlu tahu apa itu subneting. Subneting adalah teknik pemisahan dan memberi segmentasi dalam rangka mebatasi jumlah host yang berada pada sebuah jaringan. Pembatasan ini sendiri dilakukan agar tidak terjadi pemborosan host alamt ip. Misalnya, anda punya 50 host komputer, tentu kita harus memberi pembatasan untuk penggunaan jaringan tepat sasaran untuk ke 50 host tersebut. Atau dengan subneting anda juga bisa membagi ke 50 host tadi kebeberapa host lainnya. Sehingga pemborosan bisa dikurangi.
Ada beberapa cara untuk melakukan subneting, ada dengan menggunakan binery ataupun dengan cara khusus. Pada kesempatan ini saya akan menggunakan cara khusus untuk subneting ipv4 untuk memperoleh :

  1. Total IP
  2. IP Netwok
  3. IP Broadcast
  4. Range IP Address
  5. Penerapannya

Teknik Khusus Subneting Ip4

Belajar subneting kali ini saya akan langsung membuat sebuah pengkondisian, misalkan kita punya gateway 192.168.1.1/26 dan kondisi berikut.
Berikut Langkahh
Langkah #1 : Pemberian IP Address, Prefix dan sebagainya.

Langkah #2 : Selanjutnya, mencari total host ip ayng bisa digunakan.

Langkah #3 : Mencari IP Network yang akan dipergunakan host untuk saling berkomunikasi.

Langkah #4 : Mendapatkan IP Broadcast

Langkah #5 : Mendapatkan Range IP Address

Langkah #6 : Penerapan IP Address.

Langkah #7 : Pengecekan.

Kini anda tidak perlu lagi harus melakukan subneting dengan konversi biner cukup dengan rumus rumus diatas anda sudah bisa mendapatkannya hasil yang lebih praktis dan tentunya cepat.
Demikianlah tentang Nyatanya Subneting IPv4 Itu Mudah, ditunggu komentar nya
Sekian dan Terima kasih…

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com