Mengenal IP Address secara singkat – Secara singkat Ip address atau internet protocol address, dapat diartikan sebagai sederetan angka pada komputer, router, atau peralatan jaringan lainnya. Ip address sebenar nya bukan diberikan kepadan komputer atau router, melainkan pada interface jaringan dari host/router tersebut.

Jika sebuah host/router memiliki dua interface jaringan maka host tersebut bisa saja menggunakan 2(dua) Ip Address sebagai alamatnya. Angka yang digunakan adalah bilangan biner (bilangan yang terdiri dari angka 1 dan 0). Pengalamatan ip address merupakan Pengalamatan yang memungkinkan alamat – alamat komputer diatur secara logika oleh administrator jaringan (Admin)

Semua perangkat yang terhubung di dalam jaringan baik itu host router harus mengunakan sebuah IP Address yang unik, unik disini berarti setiap interface yang terhubung harus memiliki IP Address yang berbeda atau tidak boleh ada dua host yang memiliki 2 (dua) Ip Address dalam satu Broadcast Domain, untuk lebih lengkapnya tentang Broadcast Domain akan kita bahas di artikel berikutnya. Karena nomor telepon tersebut merupakan alamat atau pengenal sebagai host tersebut dalam jaringan maka pengiriman data tentunya akan kacau, kita buat sebagai contoh ada dua komputer yang memiliki 2 alamat yang sama maka sistem akan bingung,

Untuk dapat memahami teknik teknik di dalam dunia jaringan. Apalagi untuk kalian yang bercita cita bekerja di dalam dunia jaringan. Khususnya ketika anda akan mengerjakan Desian Jaringan dan membuat jaringan jaringan kecil yang saling berhubungan.

Rizal Amri

I am Web Developer in Padang Sidempuan, Indonesia. Currently doing frontend development at CoretanIT, freelance side project at GitHub. I also love to play video games, listen to podcast and read wall of text online
~ rizal@coretanit.com