xampp-error

Sebenarnya berjumpa dengan error saat instalasi maupun penggunaan xampp sendiri itu jarang, selama saya pakai nyaris tidak ada. Tapi, jika kalian adalah orang yang berjiwa penasaran, mau obrak abrik file config ataupun file lainnya dari xampp, pastilah akan bertemu dengan beberapa error dari xampp.

Bagi yang tak tahu apa itu Xampp, saya singgung sedikit, Xampp merupakan sebuah aplikasi yang telah terkompilasi untuk web development dimana didalam aplikasi ini sudah terisi terlebih dahulu beberapa komponen seperti PHP, Mysql, PHPmyadmin, Mercury dan sebagainya. Nah, bagi kalian yang belum mengenal XAMPP dan ingin memakai xampp bisa cek tutorial Cara Install Xampp Windows.

Kita kembali ke kasus, kasus ini sendiri saya temukan saat saya melakukan pindah direktori hasil install xampp saya. Pemindahan saya lakukan dari D:/xampp ke C:/_/xampp. Catatan folder _ abaikan saja karena merupakan tempat saya menaruh seluruh data saya di disk C.

Alasan saya pindah sendiri sendiri adalah karena disk D dan disk E mau saya gabungkan utnuk mendapatkan penyimpanan yang lebih besar, utnuk backup data sementara disana.

Terlepas dari tujuan tadi, perlu kita ingat dua hal yaitu lokasi awal xampp adalah di D:/xampp dan lokasi baru adalah di C:/_/xampp , tentu bisa disesuaikan dengan kasus masing masing.

Nah, seharusnya bisa ditangkap dengan logika yang bahwa inti permasalahan adalah path dari xampp tidak ditemukan lagi, karena sudah berubah.

Jadi, secara langsung solusnya adalah merubah kembali seluruh path lokasi awal ke lokasi baru. Tapi caranya? Gasss tkp…

Masuk Ke Xampp Control Panel

Tahapan pertama silahkan masuk ke xampp control panel masing-masing dan boleh dicoba jalankan xampp, khususnya apache dan mysql karena kedua software ini yang paling sering digunakan.

Pada pesan error ini memang diberikan pesan error tapi saya rasa hal ini kurang spesifik dimana lokasi error, tapi tidak apa karena nanti akan dibahas bagaimana cara mendapatkan error yang spesifik.

Memperbaharui File Konfigurasi

Seperti diketahui sebelumnya kegagalan itu terjadi karena path dari xampp tidak ditemukan lagi, untuk itu kita perlu memberitahukan xampp bahwa ada perubahan path baru yaitu di file konfigurasi.

Perlu diketahui ada banyak file konfigurasi yang akan dirubah, tentu silahkan disesuaikan dengan service yang dibutuhkan, karena pada kasus ini hanya terdapat apache, mysql dan mercury.

File Konfigurasi Apache2

Pada xampp control panel, silahkan pilih bagian config untuk apache pada bagian kanan start apache2,

Bisa kita lihat ada beberapa file konfig yang berjalan dengan apache2 yaitu httpd.conf, httpd-ssl.conf, httpd-xampp.conf, php.ini, dan config.inc.php.

Tentu masih ingat tugas kita pada setiap file konfig ini adalah merubah path utama dari xampp dari D:/xampp ke C:/_/xampp (*silahkan sesuaikan)

httpd.conf

Silahkan pilih file httpd.conf dan edit menggunakan text editor masing-masing, seterusnya rubah seluruh tulisan D:/xampp ke C:/_/xampp. Untuk mempercepat silahkan gunakan fitur replace dan silahkan simpan.

httpd-ssl.conf

Hampir sama dengan file httpd.conf, silahkan rubah ke direktori baru xampp anda dan simpan.

httpd-xampp.conf

Untuk file ini juga sama silahkan ganti seluruh tulisan direktori lama dengan direktori baru dan simpan.

php.ini

Langkah yang sama juga pada file php.ini, tetapi ada sedikit perbedaan pada pembuatan pathnya. Pada path direktori menggunakan backslash atau ” \ “, sehingga menjadi berikut ini D:\xampp dan C:\_\xampp .

Sementara untuk file config.inc.php bisa dibiarkan saja

File Konfigurasi MySQL

Setelah apache2 dikonfigurasi, lanjut ke MySQL dan dengan cara yang sama silahkan pilih config dan buka file konfig my.ini

Silahkan replace tulisan D:/xampp dengan C:/_/xampp

File Konfigurasi Mercury

Untuk bagian ini silahkan skip saja jika memang anda tidak memerlukan mercury ataupun service lain dari xampp.

Untuk memberikan path baru silahkan buka file mercury.ini pada bagian config dan replace dengan path baru masing-masing dan simpan.

Jalankan Ulang Apache2 dan MySQL

Untuk testing file konfig baru silahkan start lagi apache2 dan mysql (beserta service lain jika diperlukan) apakah sudah berhasil berjalan dengan normal atau tidak. Tapi, seharusnya sampai pada titik ini sudah normal kembali.

Masih Error ?

Konfigurasi yang kita buat diatas bisa jdi masih meninggalkan error, tapi seharusnya hanya ada pada apache2 bukan pada service lainnya. Dan konsepnya juga msih sama yaitu merubah path xampp baru kita, jadi jangan panik.

Dan sebagai saran silahkan masuk ke folder xampp baru anda tepatnya di apche2 extra, contoh saya di folder

C:\_\xampp\apache\conf\extra

Di folder extra bisa kita jumpai file-file konfigurasi milik apache2. Sebagai saran, silahkan ubah seluruh file config, pada bagian path direktori ke path direktori xampp baru karena harusnya masih mengikuti path lama terkecuali file yang sudah kitaa konfig dahulu via xampp control.

Jika masih error silahkan masuk ke direktori xampp baru masing-masing dan jalankan xampp lewat file xampp-start.exe.

Seperti yang disinggung diatas tadi dengan cara ini kita bisa mendapatkan error yang lebih spesifik.

Sebagai contoh saya menemukan 2 error yang muncul di xampp saya,

AH00526: Syntax error on line 28 of C:/_/xampp/apache2/conf/extra/httpd-multilang-error.conf  <Directory "D:/xampp/apache/error"> path is invalid

Bisa kita lihat masing-masing bahwa path dari xampp kita masih berada di direktori lama yaitu D:/xampp. Solusinya yaa tinggal ganti dengan path xampp baru di file C:/_/xampp/apache2/conf/extra/httpd-multilang-error.conf.

Dan kemudian replace semua path lama dengan path baru

Silahkan jalankan kembali file xampp-start.exe dan lihat hasilnya.

Mungkin ada sebagian xampp miliknya sudha bisa berlajan normal, bagi yang belum silahkan cek error, sebagai contoh saya menjumpai error lagi.

AH00526: Syntax error on line 25 of C:/_/xampp/apache2/conf/extra/httpd-httpd-autoindex.conf 
<Directory "D:/xampp/apache/error"> path is invalid 

Solusinya masih sama, silahkan masuk ke file C:/_/xampp/apache2/conf/extra/httpd-httpd-autoindex.conf dan replace path lama dengan path baru xampp masing-masing.

Coba jalankan ulang xampp-start.exe anda seharusnya sudah tidak ada lagi error.

Tapi, jika masih menemukan error silahkan pahami pesan error dan cek lokasi untuk mengganti path xampp baru.

Terima Kasih..

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com