Ngomongin Bitcoin memang tidak pernah habisnya, banyak yang tertarik terjun menjadi miner cryotocurrency ini namun terkendala peralatan yang selama ini biasanya memerlukan biaya yang tergolong sangat mahal.

Lantaran membutuhkan tenaga yang cukup besar dan sunber daya listrik yang tidak sedikit, selama proses penambangan (mining) Bitcoin dengan komputer khusus. Bisa berupa Pc Desktop yang dipasang banyak Kartu Grafis (VGA)  sampai dengan Server Farm.

Tampilan depan Honeyminer

Namun belakangan ini muncul sebuah alternatif yang bisa mengurangi pemakaian modal yang besar bahkan komputer biasa pun dapat menambang yaitu sebuah software yang memungkinkan Laptop atau Komputer biasa dapat melakukan hal yang sama dengan komputer yang biasanya digunakan, yang pastinya bisa mengurangi pengeluaran anda untuk membeli peralatan yang bisa dikatakan cukup mahal.

Software yang dikembangkan oleh startup Honeyminer ini menjalankan sebuah sistem yang ernama dynamic mining dengan menggabungkan komputer para penggunanya kendalam sebuah pool berisi ribuan komputer lain. Masing-masing komputer akan menyumbangkan btenaga untuk proses penambangan cryotocurrency.

Tenaga yang disumbangkan ini berasal dari GPU komputer. Apabila sedang tidak dipakai, maka GPU komputer anda akan digunakan untuk ikut serta mengolah proses mining bersama GPU komputer-komputer lain yang tergabung di dalam pool jadi bisa dikatakan cara kerjanya adalah berbagai sumber.

Dengan demikian, meski kemampuan GPU sebuah komputer mungkin tidak seberapa, tenaga gabungan ribuan GPU biisa menghasilkan sumberdaya yang signifikan untuk proses mining kolektif ini.
Pengguna pun tidak perlu mengkonfigurasi sesuatu pengguna hanya cukup menjalankan aplikasi ini di komputer yang kebetulan kartu grafis nya sedang mengagur untuk mulai menyumbangkan tenaganya.

Softwareware Honeyminer akan menangani semua konfigurasi secara otomatis, termasuk beralih menambang cryptocurrency lain setiap 10 menit, atau sesuai dengan pergerakan harga sehingga penggunaan tenaga komputer dalam pool bisa selalu mengarah ke keuntungan maksimal.

“Pengguna pun tidak perlu menghitung sendiri atau, mengatur konfigurasi, atau memantau harga secara manual,” ujar advisor Honeyminer, Noah Jessop.

Honeyminer mendukung penambangan aneka cryptocurrency populer, termasuk bitcoin, ethereum, ethereum classic, zcash, monero, dan lainnya yang tidak memerlukan komputer spesifik (ASIC).

Tersedia secara gratis, software Honeyminer membuka pintu bagi kebanyakan orang untuk ikut serta memburu cryptocurrency. Namun agaknya pengguna tidak bisa berharap terlalu banyak soal keuntungan yang bisa dihasilkan.

Profit yang dihasilkan oleh pool Honeyminer didistribusikan ke pemilik masing-masing komputer dalam jumlah berbeda, tergantung kualitas hardware komputer yang dipakai untuk menyumbangkan tenaga.

Dalam hal ini, komputer bertenaga besar dengan beberapa kartu grafis pun rata-rata hanya bisa menghasilkan profit sebesar satu atau dua dollar AS dengan menjalankan Honeyminer seharian.

Rizal Amri

I am Web Developer in Padang Sidempuan, Indonesia. Currently doing frontend development at CoretanIT, freelance side project at GitHub. I also love to play video games, listen to podcast and read wall of text online
~ rizal@coretanit.com