Error No Bootable Device Saat Booting - Images 1

Menemukan error pada perangkat kita mungkin hal yang sangat menjengkel kan. Tapi hal ini sering kali kita jumpai, saat lagi butuh eh tau tau error.

Kali ini saya bertemu dengan error yang cukup fatal, karena error ini membuat proses booting kita menjadi gagal alias booting hanya dilakukan sampai checking hardisk, mati lagi, booting lagi, mati lagi, gitu aja terosss.

Sebelum ke solusi mari kita cek error ini, eh sebenarnya ini bukan error ya tapi lebih ke kesalahan konfigurasi saja. Maksudnya? Oke saya jelaskan..

Error ini muncul saat saya bongkar laptop, posisi laptop adalah ACER Aspire E14, tapi secara general mungkin solusinya semoga sama. Laptop saya bongkar seluruh komponen untuk dibersihkan, karena kebetulah kondisi laptop sejak pertama kali dibeli belum pernah sekalipun dibersihkan.. mirisss.. skinker aja pacar aja diurus terosss.. laptop gosahh..

Back to topic

Keseluruhan saya bongkar termasuk baterai CMOS, seperti yang kita tau batere cmos ini berfungsi untuk menyimpan settingan dari BIOS. Dan waktu dilepas, mungkin anda sudah tau apa yang terjadi, ya setingan BIOS pun hilang alias back to default configuration.

Error No Bootable Device - Cmos Image
sumber gambar : https://www.asus.com/id/support/FAQ/1005740/

Singkat kata laptop selesai dibersihkan dan dirakit lagi, sialnya muncul pesan error “No Bootable Device” (gambar atas). Oh iya, hanya nasehat jika bertemu error apapun saat reparasi atau apa saja langkah pertama, jangan panik. Google ada sebagai solusi..

Error No Bootable Device Saat Booting - images 2

Maaf, dongen diatas terlalu panjang, langsung saja ke intinya, solusi nya sebagai berikut

Masuk Ke Bios

Langkah pertama yang pertama silahkan masuk ke bios. Untuk masuk ke BIOS tentu sesuaikan dengan vendor masing masing, kasus ini saya dengan tombol F2.

Setelah masuk ke BIOS, bukti bahwa setingan kembali ke awal atau default bisa kita lihat dengan settingan jam dan tanggal. Yaps, jam kembali ke settingan entah kapan, yang pasti settingan jam yang telah lewat masa lalu. Yaa masa lalu, mantan, oupsss..

Untuk perbaikan pertama silahkan sesuaikan jam pada BIOS. Dan lanjutt..

Setting Boot Mode

Langkah selanjutnya tetap di BIOS, dan silahkan menuju menu seting BOOTING masing masing, saya di BOOT (untuk kasus saya) dan pilih BOOT MODE.

Error No Bootable Device Saat Booting - images

Secara default settingan Boot mode adalah seperti berikut..

BOOT MODE : UEFI

Silahkan rubah menjadi

BOOT MODE : LEGACY

Setelah menyeting boot mode ke legacy harunys muncul pemberitahunan seperti berikut ini.

Error No Bootable Device Saat Booting - images 3

Setelah itu muncul juga permintaan me-reebot sistem.

Error No Bootable Device Saat Booting - images 4

Nah, setelah permintaan dikonfirmasi laptop anda akan merestart dengan sendirinya. Seharusnya tidak ditemukan lagi pesan error No Bootable Device di saat booting. Dan Laptop sudah bisa kembali digunakan secara normal.

Terima Kasihh

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com