Desain Grafis adalah seni untuk memecahkan masalah / problem solving yang meggabungkan elemen grafis seperti garis,warna dan objek. Dan dari hasil kombinasinya maka kita akan mendapatkan visual yang dapat memecahkan masalah komunikasi yang sedang kita hadapi.

Jadi intinya desain grafis adalah orang yang menyelesaikan masalah melalui seni visual. Perlu diingat bahwa saat seorang desainer menciptakan sebuah desain yang akan memecahkan masalah komunikasi tadi, hal penting yang harus ada dalam diri seorang desain grafis adalah kemampuan untuk membaca masalah yang sedang ia hadapi. Karena ketika dia mengetahui asal-usul dari masalah yang akan diselesaikan maka akan sangat mudah baginya untuk menentukan desain seperti apa yang kira-kira cocok untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kemampuan kognitif dan juga seni menggabungkan elemen grafis harus seimbang ,sehingga dapat menciptakan sebuah desain visual yang dapat dimengerti dan mudah dipahami hanya dalam sekali lihat saja.

Pekerjaan desain grafis

Desain grafis merupakan sebuah profesi yang lagi naik daunnya pada era milenial sekarang ini. Dimana-mana hampir setiap hari kita jumpai desain-desain entah itu poster,spanduk dan brosur mulai di kampus,sekolah dan bahkan tempat umum lainnya. Contohnya illustrator,web designer,animator dll.

Kerjanya juga sesuai dengan bidang yang dia tekuni juga karena setiap desain grafis punya caranya masing-masing dalam menyampaikan pesan komunikasinya kepada orang banyak. Sekarang kamu tinggal pilih mana nih yang kira-kira sesuai dengan passion kamu.

Syarat untuk menjadi desain grafis

Syarat utama untuk menjadi desain grafis tidak hanya jago dalam menggambar sebuah sketsa semata. Menurut admin sendiri syarat untuk menjadi seorang desain grafis yang utama adalah peka. Maksud peka disini bukanlah mengerti apa isi hati seorang wanita saat dia lagi PMS. Yang dimaksud adalah kemampuan social yang tajam untuk mampu mengetahui dan menganalisa problema yang sedang terjadi disekitar kita.

Contoh kasus
Misalnya jika kalian memiliki klien yang sedang ingin merayakan ulang tahun. Maka desain yang akan kalian buat juga harus bertemakan hal-hal yang berbau dengan ulang tahun juga. Coba bayangkan bila desain yang kalian buat adalah desain untuk yang bertema kematian. Kecuali klien kalian memang meminta hal yang demikian. Tapi biasanya desain yang  cocok untuk acara ulang tahun adalah yang ceria,party dan juga dihiasi dengan balon-balon yang menunjukkan bahwa itu adalah pesta ulang tahun.

Dan masih banyak contoh lainnya yang bisa dilihat disekeliling kalian. Jadi, modal awal yang perlu untuk menjadi desain grafis adalah peka/kritis terhadap lingkungan. Kemudian dibarengi dengan skill untuk menggunakan tools yang digunakan untuk desain entah itu alat convensional maupun digital. Yang mana akan menambah nilai plus untuk memudahkan dalam menciptakan desain visual tadi. Dan jangan takut untuk mencoba semuanya agar kita mengerti bagian apa saja yang dapat membantu kita dalam mengerjakan desain tersebut.

Emang sih kita tidak dituntut untuk jago dan detail saat menggambar sebuah sketsa desain, namun itu akan membantu kita nantinya dalam proses pengerjaan. Yang mana juga akan menamabah nilai jual terhadap desain kita itu sendiri.

Fadil Harahap

Desain Grafis coretanit.com ig : coretan_it twitter : coretan_it Jika tidak lebih baik, lebih baik tidak - Koboy Kampus Call me Bodat 
~ bangfadil54321@gmail.com