Coi4 logos

Walau banyak yang pesimis dengan rilis nya Codeigniter 4, tapi tim developer Codeigniter 4 berhasil rilis pada 24 February kemaren. (https://forum.codeigniter.com/thread-75581.html). Walau udah rilis sebulan, tapi baru bisa nyicip sekarang hehe. Yaps, saat proses icip icip, tiba tiba di ‘suapan’ pertama saya langsung bertemu error. Waduhh….

Sebagai informasi, untuk mendownload Codeigniter bisa di link berikut http://codeigniter.com/ dan dokumentasi dan githubnya bisa di https://codeigniter4.github.io/userguide/index.html

Gausah basa basi, bentuk error nya seperti berikut..

$ php spark serve
An uncaught Exception was encountered

Type:        Error
Message:     Class 'Kint\Kint' not found
Filename:    /var/www/html/learnci4/system/ThirdParty/Kint/init.php
Line Number: 46

Yaps, ada class yang tidak ditemukan yakni class Kint.

Kemudian saya coba trace lokasi file yang disebutkan yaitu init.php untuk mencoba menyelesaikan masalah.

Dan betul saja perkiraan saya, error ini juga yang menjadi alasan kenapa saya koding selalu pake linux, (sebenarnya karena server rata rata linux si hehe).

Terdapat ‘kekhilafan’ pada penamaan file kind.php, sebagaimana kita tau bahwa pana Unix-Base OS huruf besar dan kecil itu beda, atau dikenal istilah case-sensitive.

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan untuk ngesolve ini problem cukup dengan mengganti nama file menjadi Kind.php dan run your app 😀

Cara running app agak beda dengan biasa di codeigniter3 (saya pikir semua udah tau wkwk) dan agak mirip dengan laravel.

Di Codeigniter terdapat tools yang bernama spark (mirip artisan di laravel)

$ php spark serve

Nah, bisa sebagai informasi juga karena Codeigniter 4 masih terbilang banyak ‘kekhilafan’, mungkin akan berjumpa dengan case yang mirip-mirip. Semoga cepat stabil.

Update

Dan setelah crosscheck ke github codeigniter (https://github.com/codeigniter4/CodeIgniter4 ) tepatnya di branch develop sudah ‘kekhihlfan’ ini sudah fixed, jadi sudah tidak perlu khawatir.

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com