xampp-error

Cara install xampp terbilang cukup mudah dilakukan, bahkan bagi awam sekalipun. Eh tunggu dulu, mungkin bagi pemula ada yang belum tau apa itu Xampp? Sekedar menambah wawasan, Xampp merupakan sebuah tools untuk menjalan script PHP di komputer sendiri. Intinya, Xampp akan membangun server sendiri di komputer kita.

Xampp biasanya digunakan oleh para developer untuk membuat apilkasi webnya di komputer sendiri sebelum masuk tahap produksi dan upload ke hosting.

Xampp sendiri merupakan tools besutan Apache Friends yang bersifat cross-platform dan merupakan kompilasi dari Apache, MySQL, PHP dan Perl. Jadi, jika biasanya install secara manual satu per satu, sekarang xampp memberikan solusi yang lebih efektif.

Tahapan Instalasi

Sebelum masuk tahapan instalasi silahkan penuhi kebutuhan instalasi berikut:

  • Komputer atau Laptop sebagai server lokal
  • File installer dari xampp (download)

Langkah 1 : Jalankan File Installer Xampp

Setelah anda download file installer disini, anda akan diminta izin untuk instalasi, silahkan pilih yes. sekarang jalankan file tersebut dan akan muncul jendela berikut.

Langkah 2 : Klik Next Pada Xampp Setup Awal

Langkah 3 : Pilih Paket Paket Instalasi

Disini akan ada beberapa paket software yang akan terinstall di xampp kita, secara default semua akan tercentang yang menandakan semua paket akan terinstall. Tapi jika ada paket yang tidak ingin anda install silahkan hilangkan tanda cek. Sebagai tambahan, untuk Apache dan PHP merupakan paket utama, sehingga tidak mungkin untuk tidak mengikutsertakan kedua paket ini.

Langkah 4 : Pemilihan Lokasi Folder Instalasi

Selanjutnya kita masuk ke folder tujuan instalasi, silahkan anda tentukan dimana nantinya seluruh paket paket ini akan terinstall.

Langkah 5 : Klik Next Untuk Bitnami

Jendelan yang muncul berikut ini hanya pemberitahuan kepada kita bahwa didalam xampp juga menyediakan wordpress, drupal dan sebagainya. Sedangkan tanda ceklis silahkan dihilangkan atau biarkan saja, tidak masalah.

Langkah 6 : Ready to Install

Silahkan klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Langkah 7 : Proses Instalasi

Selanjutnya anda harus menunggu beberapa saat untuk proses ekstrak file-file instalasi ke folder xampp. Jika sudah selesai silahkan Next untuk melanjutkan.

Langkah 8 : Izin Untuk Apache Server

Sebenarnya terkadang hal ini muncul kadang juga tidak, tergantung windows firewall apakah hidup atau tidak. Jika hidup, silahkan pilih allow access untuk mengizinkan Server Apache berlajan dikmputer.

Langkah 9 : Instalasi Selesai

Pada tahap akhir ini kita akan diberikan pilihan apakah akan langsung menjalanakn control panel dari xampp? Jika iya, pastikan tetap mencentang opsi ini dan kemudian Finish.

Menjalankan Xampp

Untuk menjalankan xampp silahkan masuk ke control panel xampp di komputer anda. Jika xampp baru saja terinstall anda akan diminta untuk memilih bahasa untuk control panel xampp anda.

Berikut tampilan control panel xampp, silahkan start untuk apache dan mysql sebagai langkah awal.

Pastikan flag dari kedua aplikasi ini berwarna hijau, dan tanpa error.

Untuk dapat mencicip xampp silahkan buka browser anda dan masuk ke http://localhost dan harusnya dengan tampilah sebagai berikut.

Kesimpulan

Selamat anda telah berhasil menginstal xampp sebagai server lokal di komputer anda. Sekarang anda sudah siap untuk bereksperimen untuk membuat karya website kretif tentunya.

Note : Jika menenukan error silahkan komentari dibawah..

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com