PHP Logo

Pada kesembapatan ini saya akan membahas tentang apa itu PHP?, Sejarah PHP dan lainnya.

PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor.PHP senrdiri digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan disisipkan di halaman dokumen HTML.

1. Sejarah Singkat PHP

PHP diciptakana pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Pada awalnya php itu digunakan untuk memcatat jumlah serta untul mengetahui siapa saja yang mengunjungi laman miliknya.

Rasmus mengeluarkan Personal HomePage Tools 1.0 secara gratis, dan kemudian menambahkan kemampuan PHP1.0 dan meluncurkan PHP2.0. Pada tahun 1996, PHP telah  banyak digunakan dalam website website di dunia.

Rasmus dan timnya bekerja sama untuk menyermpurkan PHP 2.0. Dan pada tahun 1993, diluncurkanlah PHP 3.0. Hingga tahun 2000, berbagai penyempurnaan di lakukan, sampai akhirnya dikeluarkan lahh PH 4.0.

Tak henti hentinya, perkembangan  dan peningkatan peningkatan bahasa pemrograman PHP terus dilakukan, Hingga pada 13 juli  2004 diluncurkanlha PHP 5.0 oleh perusahaan bernama Zend. Pada PHP 5.0 dilakukan penambahan PDO(PHP Data Object) untuk pengaksesan database, closures, trait dan namespaces.

Versi selanjutnya adalah PHP 6.0, pada versi ini telah ditambahkan Unicode berfungsi agar PHP dapat mendukung jenis karakter bahasa non-latinn. Namun karena terjadi ketidakpuasan, maka PHP 6.0 dihentiukan dan fitur fitur nya di masukkan ke PHP 5.0.

Dan pada tahun 2014 PHP mulai diluncurkan lagi, yakni PHP 7.0. PHP 7.0 dikembangkan berdasarkan experimen PHPNG (PHP Next Generation). Proyek PHPNG bertujuan untuk menyusun ulang kode PHP untuk meningkatkan performa.

Pada Juli 2014, sebuah percobaan mendapati hasil bahwa PHPNG mengalami peningkatan performa hampir 100% dari versi PHP sebelumnya.

2. Kelebihan PHP

Beberapa kelebihan PHP,

  1. Bisa membuat Web menjadi Dinamis.
  2. PHP bersifat Open Source yang berarti dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.
  3. Program yang dibuat dengan PHP bisa dijalankan oleh Semua Sistem Operasi karena PHP berjalan secara Web Base yag artinya semua Sistem Operasi bahkan HP yang mempunyai Web Browser dapat menggunakan program PHP.
  4. Aplikasi PHP lebih cepat dibandingkan dengan ASP maupun Java.
  5. Mendukung banyak paket Database seperti MySQL, Oracle, PostgrSQL, dan lain-lain.
  6. Bahasa pemrograman PHP tidak memerlukan Kompilasi / Compile dalam penggunaannya.
  7. Banyak Web Server yang mendukung PHP seperti Apache, Lighttpd, IIS dan lain-lain.
  8. Pengembangan Aplikasi PHP mudah karena banyak Dokumentasi, Refrensi & Developer yang membantu dalam pengembangannya.
  9. Banyak bertebaran Aplikasi & Program PHP yang Gratis & Siap pakai seperti WordPress, PrestaShop, dan lain-lain.

 Sekian mengenai Apa itu PHP? semoga bermanfaat.. Terima kasih…

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com