Kriptografi images

Kriftografi? Mungkin sedikit kurang familiar di telinga anda. Namun, jika kita kaitkan dengan kehidupan kita, hal ini sering kita temui.

Secara bahasa kalimat kriftografi berasal dari bahasa
Yunani, yakni Crypto dan Graphia. Crypto artinya tersembunyi atau rahasia, sedangkan Graphia berarti seni atau tulisan. S

ecara pengertian, Kriftografi adalah Ilmu atau seni yang mempelajari tentang seni menyembunyikan atau menyandikan data data,dengan tujuan agar data tetap aman.

Cara kerja kriftografi adalah sebuah data yang dikirim (bersifat jelas) atau plaintext, dan di transformasikan ke dalam bentuk sandi sandi atau cheapertext dan proses ini terjadi sebelum akhir nya di ubah kembali ke plaintext dan sampai di penerima.

Proses dimana plaintext bertransfomasi ke cheapertext dinamakan enkripsi (encryption), sedangkan proses dari cheapertaxt menjadi plaintext disebut deskripsi(descryption).

Dalam proses mengenkripsi dan mendeskrisi, kriptografi menggunakan algoritm (chiper) dan kunci (key). Algotim atau chiper adalah suatu deretan fungsi matematika dalam pengenkripsian atau pendeskripsian. Sedangkan, kunci atau key adalah sederatan bit bit data yang digunakan untuk mendeskripsikan dan mengenkrisikan data.

Bisa digambarkan sebagai berikut,

Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yang juga merupakan aspek keamanan informasi yaitu :

  • Kerahasiaan, adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka/mengupas informasi yang telah disandi.
  • Integritas data, adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
  • Autentikasi, adalah berhubungan dengan identifikasi/pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain.
  • Non-repudiasi atau nirpenyangkalan adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan/membuat.

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com