Analog dan Digital Pada Electronica Das

Pada kesenpatan ini saya akan menerangkan tentang konsep Digital dan Analog pada electronica Dasar.Mungkin anda bertanya tanya, bagaimana sebuah data atau aliran listrik itu bisa dialirkan dari sartu sumber ke suatu tujuan tertentu.

Sebelum itu, electronica adalah suatu ilmu mengenai konsep arus listrik lemah yang dihubungkan dengan rangkaian/alat lain untuk mengalirkan aliran elektron dan partikel lain yang bermuatan.

1. Pengertian Analog

Analog adalah sistem peredaran data yang bersifat continou, dalam artian data akan disebarluarkan secara terus menerus dan di bawa dengan mengubah karasteristik gelombang datanya. Sistem teknologi yang masih bersifat manual.

Sinyal analog mempunyai dua parameter penting, yakni amplitudo dan frekuensi.Amplitudo adalah ukuran tinggi dan rendahnya tegangan pada sistem analog. Sedangkan Frekuensi adalah jumlah gelombang analog yang terjadi tiap satuan detik.

Maka, Rangkaian analog yaitu, Sebua susunan electronica yang bekerja pada suatu sistem elektromagnetik secara sedikit demi sedikit namu terus menerus sesuai dengan data yang ada pada sumbernya.
Contoh alat alat yang mnguunakan system analog antara lain,

  1. Telepon
  2. Remote
  3. Radio 
  4. Speedometer Analog

2. Pengertian Digital

Digital adalah sistem peredaran data yang bekerja pada system biner. System biner adalah system yang menggunakan angka 0 (off/mati) dan 1 (on/nyala).

Pada system digital, jarak jangkaun datanya relatif lebih dekat, namu memiliki kecetapatan cahaya sehingga data dapat dikirm dengan kecepatan tinggi.

Cara kerja system digital yaitu data datang adari sebuah sumber dab diteruskan melalui medan listrik dan dikonversikan kedalam bit data digital dan diteruskan ke tujuannya.

Contoh alat alat yang menggunakan system digital antara lain

  1. Jam Digital
  2. Komputer
  3. Handphone
  4. Speedometer Digital

Secara umum ada beberapa perbedaan dari system analog dan system digital,

Analog Digital
Memungkinkan untuk pengiriman suara
Dan tidak dirancang untuk data
Memungkinkan untuk pengiriman data dan suara
Rentan akan kesalahan errorDapat dirancang untuk mengantisipasi kesalahan
Relatif lambanrelatif lebih cepat
Bisa dikonversi ke digitalBisa dokonversi ke Analog

Demikian…
Semoga dapat menambah wawasan.. Terima kasih..

Azhari Sikumbang

Tulis dan bicarakan, agar lebih berguna. (Github | Linked in)
~ azhari@coretanit.com